TEKNIK MENGELOLA USAHA BARU YANG BERKELANJUTAN

Posted by Fery dwi h 0 komentar

Untuk bisa mengelola usaha baru agar tidak dengan mudah bangkrut atau gulung tikar, kita mesti melakukannya dengan sungguh-sungguh atau yakin 100%. Lantas bagaimana sikap hidup 100%?
Lantas apa saja yang diperlukan? Sikap hidup 100% adalah sikap hidup yang mendaya gunakan badan, pikiran, hati, dan jiwa. Semua harus berjalan secara harmonis.
Faktanya di Indonesia ini hanya 20% perusahaan yang bertahan sampai 5 tahun. Hanya 4% perusahaan yang merayakan ulang tahunnya yang ke -10. Kenapa bisa gagal? Karena tidak dibangun dengan pondasi yang kuat.
Sebuah perusahaan yang dibangun dengan pondasi yang kurang kuat sama halnya seperti rumah yang dibangun dengan pondasi asal-asalan, tentu saja rumah tersebut mudah roboh oleh terpaan angin, hujan, dan gempa. Sebuah perusahaan pun sama jika dibangun dengan pondasi yang kuat tentunya akan lebih tahan dalam menyelesaiakan masalah-masalah dan perubahan yang sering terjadi pada pasar. Jika kita merasa bahwa perusahaan yang kita bangun blm memiliki pondasi yang kuat lalu apa yang kita lakukan? Tentu saja kita harus mau melakukan perubahan. Terus kapan melakukan perubahan? Perubahan dimulai saat kita melihat atau merasa bahwa ada yang tidak sesuai dengan ekspektasi, ada yang kurang sesuai dengan idealisasi, ada yang tidak memenuhi standar yang kita tetapkan. Maka sebenarnya pada saat itu kita menemukan momentum perubahan. Dari mana memulai perubahan? Sebuah perjalanan akan menemukan maknanya sebagai sebuah perjalanan manakala ia memiliki tujuan yang jelas. Tidak peduli seberapa jauh jarak yang harus ditempuh, seberapa lama waktu yang dibutuhka, perjalanan selayaknya dimulai dengan penetapan tujuan. Lakukan manuver. Inti dari manuver adalah gerakan. Gerakan yang dramatik dan teatrikal. Bayangkan berdiri di sebuah titik A dan anda harus pindah ke titik B yang berjarak 10 meter. Tarik garis lurus antara titik A dan titik B. Tetapi jika kemudia diantara kedua titik itu ada penghalang yang tidak mungkin diterjang pada saat itu, maka dibutuhkan manuver, dengan berjalan memutar, atau membuat titik C sebagai batu loncatan. Sesungguhnya yang diperlukan bukanlah daftar keinginan, tetapi apa yang sungguh-sungguh kita butuhkan. Kalau kita menginginkan kebahagiaan, maka pertanyaanya adalah apa yang kita butuhkan untuk bisa bahagia. Dalam suatu perusahan visi dan misi sangat dubutuhkan guna untuk menentukan kemana arah perusahaan akan dibawa. Visi adalah keadaan yang diinginkan jauh di depan. Visi adalah sebuah gambaran ideal atau idealisasi dari sebuah keinginan. Visi anda harus mencerminkan nilai-nilai utama memancarkan masa depan. Misi merupakan pernyataan bagaimana perusahaan anda mencapai visinya. Harus berisi tentang siapa anda, di bidang apa bisnis anda, siapa customer anda dan apa yang membuat anda berbeda dengan lawan anda.
Dalam sebuah usaha ada beberap step yang harus kita pahami :
• Channelphase awareness : chanel berfungsi untuk mengenalkan perusahaan kepada pelanggan. Pertanyaan : bagaimana kita dapat memunculkan kesadaran di kalangan segmen yang disasar mengenai produk/jasa perusahaan kita.?
• Channelphase evaluation : fase ini dapat merupakan fase penjajagan, kedua belah pihak (perusahaan dan pelanggan) dapat saling menilai. Pertanyaan : apa yang dapat kita lakukan untuk membantu pelanggan mengevaluasi produk jasa kita?
• Channelphase purchase : setelah saling mengevaluasi, tiba saatnya perusahaan dan pelanggan untuk melakukan proses transaksi. Pada fase ini tantanganya adalah bagaimana mengelola agar proses tersebut berlangsung secara efektif dan efisien.
• Channelphase delivery : setelah proses transaksi berikutnya yang perlu dirancang adalah delivery. Delivery adalah pemenuhan janji atau pembuktian value propositions. Dalam fase ini pelanggan maupun perusahaan masing-masing mempunyai hak dan kewajiban.
• Channelphase after sales : fase akhir dari channel adalah fase purnajual. Penting bagi perusahaan untuk memahami bagaimana kondisi dan perasaan pelanggan setelah mendapatkan janji yang ditawarkan. Fase ini akan berhubungan erat dengan elemen customer relationship.

MATERI SEBELUMNYA


MATERI PELATIHAN KEMENPORA PELATIHAN PENGEMBANGAN KARAKTER WIRAUSAHA DAN KETERAMPILAN MEMBACA PELUANG BISNIS TAHUN 2014


Keranjang Tembakau Temanggung Harga Paling Murah

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: TEKNIK MENGELOLA USAHA BARU YANG BERKELANJUTAN
Ditulis oleh Fery dwi h
Tolong di share ke teman-teman ya,, artikel rating 5 dari 5.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tani-temanggung.blogspot.com/2014/06/teknik-mengelola-usaha-baru-yang.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of DINAMIKA HIDUP.