Cara Mengatasi Tanggal Komputer / laptop Selalu Berubah Padahal Sudah Diseting , CMOS Checksum Error - Defaults Loaded.

Posted by Unknown 1 komentar
Pernahkah anda mengalami kejadian saat komputer anda dimatikan, lalu saat anda menyalakan komputer kembali tanggal telah berubah menjadi tanggal beberapa tahun silam,,? Jangan takut jangan kuatir, ini kentut bukan petir. hehehe Mungkin sebagian dari kita yang masih awam dalam mengenal komputer merasa panik saat kita mau browsing tapi tiba-tiba mendapat pesan your connection is not secure. Tentu hal ini membuat kita panik karena ketidak tahuan kita tersebut.


Sebenarnya cara termudah mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti jam di komputer anda. Caranya adalah dengan melihat icon jam disebelah kanan layar komputer atau laptop anda.
 -> Klik icon tersebut.
 -> masuk ke change date and time settings.
 -> Kemudian klik change date and time
 -> kemudian sesuaikan tanggal dan waktu tersebut dengan tanggal dan waktu sekarang.
-> selanjutnya klik ok dan selesai sudah akhirnya browser yang kita pakai sudah kembali normal dan tidak ada yang namanya pesan your connection is not secure.

Bagi teman-teman yang masih penasaran sebenarnya dari mana dan kenapa tanggal di komputer kita bisa berubah, tentunya ada banyak sekali alasannya. Bisa saja kita lupa saat mengedit jam dan tanggal di komputer kita tersebut, bisa juga ada teman yang reseh dan mengganti settingan jam di komputer kita, atau malah baterai CMOS kita yang lemah dan sudah saatnya untuk diganti. Funsi dari baterai CMOS sendiri adalah Untuk menyimpan waktu pada Computer (time setting) dan untuk menyimpan setting BIOS. Biasanya saat baterai cmos kita lemah selalu ditandai dengan pesan seperti ini CMOS Checksum Error - Defaults Loaded.


Langkah pertama yang paling mudah untuk kita lakukan adalah dengan menyeting bios kita. Caranya adalah sebagai berikut:
 -> Masuk bios
 -> Pilih Cmos setup utility award software
-> Load optimized defaault

-> Kemudian tekan F10 dan Y enter
 -> Kemudian masuk cmos lagi
 -> Masuk ke standard cmos feature

-> kemudian Drive A harus di "none" karena memang sering-seringnya drive A ini yang membuat tanggal dan waktu kembali ke waktu beberapa tahun silam. Kalau ternyata dengan cara diatas belum berhasil sebaiknya anda mengganti baterai Cmos di komputer anda dengan baterai Cmos yang baru.
-> Langkah pertama beli dahulu baterai Cmos di toko komputer langganan anda, bentuknya seperti gambar diatas.
 -> buka Chasing komputer anda.
-> Cari letak baterai Cmos seperti gambar dibawah ini.
-> Copot baterai Cmos yang sudah lemah, cara mencopotnya yaitu dengan cara menekan pengait yang ada di sebelah baterai.
 -> Pasang baterai cmos baru. ( pastikan saat pemasangan baterai dipasang dengan benar, untuk meyakinkan bisa dengan sedikit ditekan)
 -> Nyalakan komputer kembali.
 nb : Jika setelah menyalakan komputer tetapi tanggal dan waktu dalam komputer kita belum normal bisa disetting dengan cara setting jam komputer seperti ulasan di atas. Atau bisa juga dengan menyetingnya langsung dari bios.

Selesai sudah, sekarang tanggal dan waktu komputer atau laptop kita sudah secara otomatis normal kembali. Jika dengan cara diatas ternyata masih belum juga berhasil berarti ada 2 kemungkinan.
 -> kemungkinan pertama power suplay. Mungkin Power suplay sobat yang bermasalah sehingga mengganggu sistem elektris. Kalau masalahnya ini tinggal ganti aja power suplay komputer / laptop sobat dengan power suplay yang baru.
 -> Kemungkinan kedua yaitu mainboard komputer atau laptop anda mengalami masalah. Solusinya dengan membawa ke tukang Service komputer atau mengganti dengan mainboard komputer yang baru. Semoga artikel ini bermanfaat,,


Keranjang Tembakau Temanggung Harga Paling Murah

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Mengatasi Tanggal Komputer / laptop Selalu Berubah Padahal Sudah Diseting , CMOS Checksum Error - Defaults Loaded.
Ditulis oleh Unknown
Tolong di share ke teman-teman ya,, artikel rating 5 dari 5.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tani-temanggung.blogspot.com/2016/08/cara-mengatasi-tanggal-komputer-laptop.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca artikel ini.

1 komentar:

Jamkidz.com said...

mantabbb blog nya pak . . . kulo nggeh temanggung hehhe .. salam TMG pak (19 nov 2018)

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of DINAMIKA HIDUP.