Legenda Desa Gunung Payung Candiroto Temanggung

Posted by Fery dwi h 0 komentar

Konon pada jaman dahulu kala hidup seorang empu pembuat senjata di puncak gunung itu. Nama empu itu tidak diketahui tetapi beliau hindup seorang diri di sana. Pada jaman dahulu untuk membuat sebuah senjata maka si pembuat harus melakukan puasa, tirakat, dan Bertapa untuk mendapatkan sebuah senjata yang sakti mandra guna. Konon katanya si empu sangat sakti sehingga dengan jarinya saja dia bisa membentuk sebuah keris tanpa dibakar dan senjata yang ia ciptakan juga kono menjadi senjata yang sakti dan ampuh.

Namanya semakin tersohor hingga akhirya pejabat dari suatu kerajaan entah dari mana kerajaan itu juga tidak disebutkan memesan sebuah payung dan angsa emas. Namun disaat pesanan itu datang usia  sang empu sudah tua. Sang empu menerima pesanan itu dan menjanjikan supaya diambil pada suatu waktu yang telah ditetapkan. Sampailah pada waktu yang ditetapkan akhirnya pejabat itu pergi untuk menemui si empu dan mengambil pesanan senjatanya. Tetapi sayang ketika sang pejabat datang ketempat itu dia mendapati sang empu sudah tergeletak tak bernyawa.Akhirnya disuruh para prajurit untuk menguburkan jasad sang empu disana. Dan selanjutnya pejabat menyuruh pengawalnya untuk mencari payung dan angsa emas pesanannya tersebut. Tetapi tapi mereka tidak berhasil menemukan payung emas dan angsa emas tersebut.

Ada yang mempercayai bahwa kuburan sang empu ada di puncak gunung maka sejak saat itu gunung tersebut di sebut gunung payung.

Pada saat belanda datang ke indonesia dan mencapai desa candiroto cerita tersebut sampai ditelinga mereka Akhirnya orang-orang belanda itu mengerahkan anak buahnya untuk mencari payung dan angsa emas, serta mencari kebenaran cerita itu dengan  menggali gunung.

Konon dikisahkan mereka bisa menemukan bagian daun dari payung itu, tapi batangnya hingga sekarang masih belum di ketemukan, sebagian orang percaya bahwa tongkat payung tersebut masih tertinggal di puncak gunung payung beserta angsa emas.

Begitulah mitos yang berkembang disana. Anda berminat untuk mencarinya.?
Gunung payung adalah sebuah gunung kecil di kecamatan candiroto mungkin lebih tepatnya disebut gumuk. Sedangkan Desa Gunung Payung ada disebelah gunung tersebut.


Keranjang Tembakau Temanggung Harga Paling Murah

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Legenda Desa Gunung Payung Candiroto Temanggung
Ditulis oleh Fery dwi h
Tolong di share ke teman-teman ya,, artikel rating 5 dari 5.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tani-temanggung.blogspot.com/2017/04/legenda-desa-gunung-payung-candiroto.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of DINAMIKA HIDUP.