Legenda Desa Selopampang Temanggung

Posted by Unknown 0 komentar

Desa yang terletak di sebelah selatan dari wilayah Temanggung ini ternyata Punya kisah yang unik tentang asal usul dan legenda bagaimana desa itu diberi nama selopampang. Selopampang konon diambil dari kata Selo yang berarti batu dan ampang yang berarti terapung. Batu yang terapung tersebut sebesar bayi. Kata orang-orang meskipun batu sebesar bayi itu bersifat apung namun tidak sembarang orang mampu mengangkatnya.

Dikisahkan dahulu Batu itu muncul karena diangkat oleh sejumlah wali yang berusaha untuk membuat Masjid. Tidak diketahui siapa nama wali tersebut, namun ketika akan menggali pondasi ada sebuah batu yang sulit diambil. Akhirnya  para wali melakukan tapa tidur diatas batu sebagai bantalnya. Selesai bertapa batu tersebut bisa diangkat dan ternyata batu tersebut sebesar bayi. Batu tersebut kemudian dibuang disungai dan ternyata batu tersebut terapung atau kemambang (ampang). Maka para pendiri desa ini memberi nama desa Seloampang. Namun terdengar aneh dan lambat laun berubah namanya menjadi desa Selopampang.


Keranjang Tembakau Temanggung Harga Paling Murah

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Legenda Desa Selopampang Temanggung
Ditulis oleh Unknown
Tolong di share ke teman-teman ya,, artikel rating 5 dari 5.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tani-temanggung.blogspot.com/2017/04/legenda-desa-selopampang-temanggung.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of DINAMIKA HIDUP.