Guppy ikan cantik Pemberantas Jentik Nyamuk

Posted by Fery dwi h 0 komentar

Ikan yang berukuran tubuh kecil ini terlihat cantik dengan ekor yang terurai panjang dengan warna yang mencolok. Ukuran ikan guppy kira-kira hanya sebesar ibu jari orang dewasa saja tetapi jangan salah dengan ukurannya yang kecil untuk ikan betina bisa memakan jentik nyamuk hingga 200 jentik nyamuk dalam kurun waktu satu jam saja. Selain menjadi predator jentik nyamuk, ikan guppy ini juga memangsa kumbang, larva capung, tungau, invertebrata dan serangga. Ikan guppy atau kalau orang jawa sering menyebutnya dengan nama cere, sebenarnya ikan cere atau unjar blenduk atau guppy sudah tersebar di seluruh dunia. Yang sering kita temui di pematang sawah adalah jenis guppy liar dan jarang orang yang memelihara. Padahal justru ikan guppy liar inilah yang sebenarnya jago dalam memakan jentik-jentik nyamuk.


Ikan guppy termasuk ikan yang berkembang biak secara livebearer. apa itu live bearer?
Live bearer ikan yang tidak mengeluarkan telur sebagaimana ikan lainnya, tetapi langsung melahirkan anak-anak ikan yang memiliki tubuh sempurna. Ikan yang baru lahir sudah dapat berenang sendiri serta sudah bisa mencari makan sendiri dalam hitungan jam. Keunikan lain dari ikan live bearer adalah karena ikan betina dapat menyimpan sel sperma didalam tubuhnya sehingga ikan ini akan dapat hamil kembali tanpa melalui proses perkawinan kembali. Ikan guppy atau cere memiliki umur yang pendek yaitu antara 3 tahun sampai 4 tahun. Pada saat usia 3 tahun tersebut, ikan cere dapat beranak pinang sangat cepat.

Tentunya di musim pancaroba kita sudah ketahui kalau pada musim ini akan banyak nyamuk yang bersarang di got atau di genangan-genangan air seperti kolam. Untuk menyiasati dan mencegah demam berdarah yang mematikan kita bisa memelihara ikan cere di dalam kolam tersebut. Bisa kita pilih ikan cere atau guppy yang bagus dan enak dipandang mata.

                   CARA MEMBEDAKAN IKAN GUPPY JANTAN DAN BETINA



CIRI IKAN GUPPY JANTAN :


  1. Mempunyai gonopodium (berupa tonjolan dibelakang sirip perut) yang merupakan modifikasi sirip anal yang berubah menjadi sirip memanjang.
  2. Tubuhnya ramping.
  3. Warnanya cenderung lebih cerah dan memiliki corak warna lebih banyak dan lebih indah.
  4. Sirip punggung lebih panjang.
  5. Kepalanya besar.
CIRI IKAN GUPPY BETINA

  1. Dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium, tetapi berupa siriphalus.
  2. Tubuhnya gemuk dengan perut yang besar.
  3. Warnanya kurang cerah.
  4. Sirip punggung biasa.
  5. Kepalanya agak runcing.
FAKTA MENARIK DIBALIK KEINDAHAN IKAN GUPPY :


  1. Seekor indukan guppy dapat melahirkan anak ikan antara 2–100 ekor pada setiap kelahiran, namun kebanyakan antara 5–30 ekor saja.
  2. Beberapa jam setelah persalinan, induk guppy telah siap untuk dibuahi lagi.
  3. Begitu keluar dari perut induknya, anak-anak guppy telah mampu hidup sendiri. 
  4. Anak-anak guppy akan terus bergabung dengan kelompoknya.
  5. gupi yang telah dewasa tidak akan segan-segan memangsa burayak yang berukuran jauh lebih kecil.
  6. Guppy mencapai kedewasaan pada umur satu sampai dua bulan.


Keranjang Tembakau Temanggung Harga Paling Murah

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Guppy ikan cantik Pemberantas Jentik Nyamuk
Ditulis oleh Fery dwi h
Tolong di share ke teman-teman ya,, artikel rating 5 dari 5.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tani-temanggung.blogspot.com/2017/04/guppy-ikan-cantik-pemberantas-jentik.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of DINAMIKA HIDUP.