MACAM-MACAM KRITIK DAN BAGAIMANA ANDA MENANGGAPINYA

Posted by Fery dwi h 0 komentar


Pernahkan kalian dikritik orang lain,,?? apa sih sebenarnya kritik itu,,??
Kritik adalah masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan.

Kritik itu bukan kebencian , iri, dengki , sinis, sirik dan lain sebagainya. Kritik itu diperlukan agar bisa mengkoreksi diri dan melakukan perbaikan atas kekurangan yang kita kerjakan.

Kritik bisa bersifat deduktif: kritik yg tetap berpegang pada ukuran tertentu yang benar2 dipahami/diyakini , tentang kaidah-kaidah sosial dan moral. Harus disampaikan secara obyektif , jujur , konsisten dan konsekuen.

Kritik juga bisa bersifat induktif: berdasarkan temuan-temuan yang dianggap perlu dikritik , lalu menyimpulkan pendapat-pendapat alternatif sebagai usulan bagi perbaikan . Cara mengkritik seperti ini bisa saja mengandung subyektivitas tertentu , namun pada dasarnya bertujuan positif serta berkeinginan baik.

Pernahkah kalian dikritik di depan publik atas sesuatu yang kalian lakukan?
Bagaimana rasanya? Ya jawaban kalian sebagian besar sama dengan yang saya rasakan.
Tapi dari situ saya menjadi tahu akan satu hal. Kedewasaan berfikir menuntut kita untuk menghadapi kritik bukan malah menghindarinya. Kita harus selalu siap untuk menghadapi kritik demi mencari jalan keluar, Bukan untuk mencari siapa yang benar dan siapa yang salah, siapa yang pintar dan siapa yang bodoh. Ini adalah kesalahan fatal dari para pengkritik yang biasanya mereka mengkritik demi menunjukan existensinya, mereka mengkritik demi menunjukan bahwa merekalah yang paling benar.

Dilihat dari sudut pandang psikologi orang cenderung mengkritik orang lain karena :
  1. Mereka ingin mendorong anda untuk menjadi lebih maju.
  2. Mereka melihat sesuatu yang salah dari apa yang anda lakukan.
  3. Mereka ingin menguji anda.
  4. Mereka iri dengan kesuksesan anda.
  5. Mereka ingin menjatuhkan anda.
  6. Mereka ingin mencari perhatian orang lain untuk dianggap lebih pintar dari anda.
  7. Mereka tipe orang yang selalu mencari pertentangan.
Nah lalu bagaimana cara menghadapi kritik? apa yang harus saya lakukan?
Berikut kita akan mencoba membahasnya :
  • Jangan langsung membela diri anda dan menganggap semua kritik itu salah. Dengarkan dulu kritiknya dan kita mencoba untuk mengerti maksud dari kritik yang orang lain berikan kepada kita itu gunanya untuk apa. Nah ini yang paling susah karena saya sebelumnya adalah orang kritis akan kritikan, mereka mengkritik hanya untuk mengada-ada dan demi untuk meningkatkan eksistensinya. Dan ini benar-benar pernah saya rasakan maka dari itu saya bisa share kepada teman-teman untuk diambil pelajaran dan hikmahnya.
  • Anda harus pandai menganalisa mengapa anda dikritik sebelum anda menanggapi kritik tersebut. Terkadang ada kritik yang salah sasaran, misal anda dikritik karena kesalahan si A dan anda yang harus menanggungnya, hal ini sudah biasa. Jadi pandailah menganalisa sebelum mengambil tindakan.
  • Jika anda yakin anda dikrititk karena si pengkritik ingin mendorong anda untuk lebih maju, terima saja kritikan mereka, karena pada dasarnya itu adalah saran yang anda butuhkan untuk terus berkembang. Ambil yang bisa anda ambil dan tunjukan kalau anda bisa merubah apa yang mereka kritikan kepada anda.
  • Jika dikritik karena si pengkritik melihat sesuatu yang salah dengan apa yang anda lakukan, jujurlah pada diri sendiri, mungkin memang benar anda salah dan anda secara tidak sadar melakukannya. Akuilah kesalahan anda dan berterima kasihlah kepada mereka yang mengkritik anda akan kesalahan anda sendiri yang mungkin dapat berakibat fatal untuk anda. Dengan cara seperti ini maka secara tidak langsung kita sudah bisa menerapkan prinsip win-win solution dimana si pengkritik puas akan kritikannya dan anda juga diuntungkan karena ada orang yang menegur anda atas kesalahan yang nada lakukan. Dan ini tentunya akan mendorong anda menuju ke arah yang lebih baik lagi.
  • Jika kritik ditujukan untuk menguji anda, jawab saja kritik mereka dengan jujur. Tentu integritas dan kemampuan anda akan terlihat jelas.
  • Untuk kritik yang menghancurkan atau si kritik memberikan kepada anda atas dasar iri dengan anda, atau hanya untuk mencari perhatian orang lain dan mencari pertentangan. Untuk menghadapi orang seperti ini adalah dengan tidak menghadapinya. ini adalah cara terbaik dimana anda jangan sampai masuk kedalam perangkapnya. Inilah saatnya menerapkan prinsip "silence is gold" atau "diam itu emas".
Mungkin itu dulu yang bisa kita share hari ini, nantikan artikel berikutnya atau ikuti blog ini. Terima kasih.


Keranjang Tembakau Temanggung Harga Paling Murah

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MACAM-MACAM KRITIK DAN BAGAIMANA ANDA MENANGGAPINYA
Ditulis oleh Fery dwi h
Tolong di share ke teman-teman ya,, artikel rating 5 dari 5.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tani-temanggung.blogspot.com/2014/07/macam-macam-kritik-dan-bagaimana-anda.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of DINAMIKA HIDUP.