PESONA ALAM DESA TLOGOPUCANG

Posted by Fery dwi h 0 komentar

Desa Tlogopucang merupakan salah satu dari 16 Desa di kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung dengan luas wilayah 1017 Ha². Secara Geografis, Desa Tlogopucang terletak diwilayah pegunungan yang berketinggian diantara 600 – 1000 m dari Permukaan Laut, dengan Curah hujan 2000-2500mm/Tahun, suhu rata-rata 29° dengan Kondisi Kemiringan 15,45%.
Batas wilayah Desa Tlogopucang sebelah Utara berbatasan dengan Desa Kedawung dan Desa Margolelo, sebelah Timur berbatasan dengan Dusun Ngoho Desa Kemitir Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Tempuran Kecamatan Kaloran, dan sebelah Barat berbatasan dengan Desa Ngemplak Kecamatan Kandangan.
Secara Administratif Desa Tlogopucang terdiri dari 9 Dusun, 9 RW dan 53 RT.


Sejarah Desa :
Menurut dari berbagai sumber bahwa Desa Tlogopucang sejak jaman perang Diponegoro tahun 1835 sudah berdiri terbukti banyaknya pelarian atau pengungsi yang lari ke Desa Tlogopucang namun sebelum tahun 1835 ± kurang lebihnya tahun 1824 Tlogopucang sebenarnya sudah ada dengan nama Desa Dringo (sekarang Dusun Dringo) konon pada saat itu terdapat 20 KK yang hidup bersama dengan dipimpin seorang wanita yang bernama IBU GAMIRAH sebagai pemimpin adatnya. Selanjutnya sekitar tahun 1835-1839 Datanglah seorang pengungsi bernama Simbah DALIYAH dengan membawa 3 puteranya yang bernama Kerto Sentono, Kerto Dipuro dan Kerto Rejo, Mereka merupakan Putera dan Cucu Demang Kedung Boto Jepiring Kendal, yang kemudian pada tahun ke 4 di tempat pengungsian ± tahun 1839 mbah Daliyah memper istri Mbah Gamirah yang selanjutnya tampok kepemimpinanya juga diserahkan kepada Mbah Daliyah untuk memimpin Kampung Dringo tersebut, selengkapnya klik disini,

Akhirnya dari tahun ketahun Desa Dringo dengan Kepemimpinan mbah Daliyah berkembang pesat , hidup rukun, tentram sampai – sampai bisa melebarkan wilayah kekuasaanya dengan menempatkan ketiga puteranya untuk bermukim disebelah utara desa Dringo dengan nama Tlogopucang. Tlogopucang tersebut berasal dari kata Telogo dan pucang yang mengandung maksud Telogo itu sumber air dan Pucang berarti diatas, dengan maksud bahwa masyarakat Tlogopucang pada waktu itu mata pencahariannya dari hasil dheres (menyadap Enao/Badeg) maka berdasarkan mata pencaharian petani yang mengambil Nira (sumber air yang diatas pohon aren ) tersebut kemudian dipakai sebagai nama desa yaitu TLOGOPUCANG

Kemudian dengan usia yang semakin tua akhirnya pada tahun ± 1879 kepemimpinan diberikan kepada putera keduanya yang bernama Kerto Dipuro yang dianggap mampu Menguasai Ilmu Pemerintahan dengan Baca Tulis dan dibantu oleh 2 orang saudaranya yaitu Kerto Sentono sebagai juru keamanan yang menguasai Ilmu Kanuragan dan Kerto Rejo sebagai juru Penyebaran agama Islam karena ia menguasai tentang Ilmu agama Islam.Dengan diangkatnya Selanjutnya Dengan diangkatnya Kepala Desa Tlogopucang Bpk Kerto Dipuro oleh Mbah Daliyah Kepala Adat Dringo untuk memimpin wilayahnya yang bernama Desa Tlogopucang yang sekarang berkedudukan di Dusun Tlogopucang Tengah. pada saat itu Desa Tlogopucang masuk wilayah Kawedanan Kaloran dan di Tlogopucang ditempati Seorang OPAS (pegawai Kawedanan Kaloran) namun berkaitan dengan pemekaran wilayah dan Tugas Bupati yg sangat membutuhkan beberapa Pembantu diwilayah kabupaten maka di bentuk Kawedanan ( 3 pembantu Bupati )

Nah pada saat itu Tlogopucang ditarik kewlayah kawedanan Parakan, ikut bawahan Kecamatan Kandangan. Kepemimpinan Mbah Kerto Dipuro hanya berlangsung 32 tahun selanjutnya tongkat kepemimpinannya diserahkan pada putera Pertamanya yang bernama SUMITRO SUBANDI pada Tahun ± 1911 dan berkedudukan di kampung leri (sekarang Tlogopucang. Masa kepemimpinan Sumitro Subandi kurang lebih 35 tahun yaitu dari tahun 1911 sampai dengan 1946.

Selanjutnya pada tahun 1946 diadakan Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa Pertama kali yang diselenggarakan secara langsung dan dimenangkan Oleh Bp DJAELANI SUDJARI yang selanjutnya menjadi Kepala Desa Tlogopucang dan memimpin pada masa setelah 1 tahun Indonesia Merdeka dan berkesempatan memimpin Desa Tlogopucang selama 42 tahun yaitu sampai dengan tahun 1988.

PESONA ALAM TLOGOPUCANG SAAT INI :






CURUG GUWUNG, CURUG INDAH YANG TERSEMBUNYI

Keranjang Tembakau Temanggung Harga Paling Murah

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PESONA ALAM DESA TLOGOPUCANG
Ditulis oleh Fery dwi h
Tolong di share ke teman-teman ya,, artikel rating 5 dari 5.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tani-temanggung.blogspot.com/2014/06/pesona-alam-desa-tlogopucang.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of DINAMIKA HIDUP.