JANGAN SEDIH SAAT ALLAH MEMBERIKAN KITA SAKIT

Posted by Fery dwi h 0 komentar

Dalam sebuah riwayat diterangkan, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda,

“Apabila seorang mukmin menderita sakit,Allah memerintahkan kepada empat malaikat yang masing-masing dari mereka mendapat tugas sendiri- sendiri.
1. Malaikat pertama mendapat tugas mengambil kekuatan yang ada pada badannya,hingga dia menjadi lemas tak berdaya;
2. Malaikat kedua, mendapat tugas mengambil kenikmatan yang ada pada mulutnya, hingga dia tidak merasakan nikmatnya makan dan minum;
3. Malaikat ketiga, mendapat tugas mengambil cahaya yang ada pada mukanya, hingga dia kelihatan pucat-pasi;
4. Dan Malaikat keempat,mendapat tugas mengambil semua dosa yang telah dilakukan, hingga dia bersih dari dosa lantaran sakit.

Ketika Allah menghendaki dia sembuh dari sakitnya, maka diperintahkan kepada malaikat yang mengambil kekuatan dari badannnya agar mengembalikannya, hingga dia memiliki kekuatan lagi.
Kepada malaikat yang mengambil rasa nikmat dari mulutnya,diperintahkan pula agar mengembalikannya, hingga dia bisa merasakan kembali kenikmatan makan dan minum.
Kepada malaikat yang mengambil cahaya dari wajahnya,diperintahkan pula agar mengembalikan cahayanya, hingga dia kelihatan berseri.
Namun untuk malaikat ke 4 , Allah tidak memerintahkan untuk mengembalikan dosa-dosanya kepada hamba mukmin. Maka bersujudlah para malaikat itu kepada Allah seraya berkata : “Ya Allah mengapa dosa-dosa ini tidak Engkau kembalikan?”

Mendengar pengaduan malaikat, Allah SWT segera berfirman ,“Tidak baik bagi kemuliaan-Ku jika Aku mengembalikan dosa-dosanya setelah Aku menyulitkan keadaan dirinya ketika sakit. Pergilah dan buanglah dosa-dosa tersebut ke dalam laut.”

Membaca kisah ini,tidakkah hati kita tersentuh?? Subhanallah... Maha Suci Allah atas segala Keagungan, Kemurahan dan KebesaranNya. Saat kita berada dalam keadaan yang sangat sakit,lemah dan tiada berdaya,ingatlah satu hal bahwa mungkin dengan sakit kita itu,dapat membuang segala dosa yang selama ini pernah kita lakukan.Janganlah mengeluh dan berputus asa,jadikan selalu shalat dan sabar sebagai penolongmu.

Allah Ta’ala berfirman:

”Mintalah pertolongan dengan sabar dan mengerjakan shalat, sesungguhnya Alloh bersama-sama orang yang sabar.” (QS.Al-Baqarah : 153)

Percayalah!!! Kesakitan apapun yang diderita oleh seorang mukmin atau bencana dalam bentuk apapun yang diterimanya akan dapat membersihkan dosa-dosanya dan jika dia tetap bersikap sabar dan tabah maka dia akan mendapat pahala atas kesabarannya itu.

Dari Abu Said dan Abu Hurairah radhiallahu ’anhuma dari Nabi SAW, sabdanya:

”Tidak suatu pun yang mengenai seseorang muslim sebagai musibah baik dari kelelahan, tidak pula sesuatu yang mengenainya yang berupa kesakitan, juga kesedihan yang akan datang atau pun yang lampau, tidak pula berupa hal yang menyakiti-yakni sesuatu yang tidak menepati kehendak hatinya, ataupun kesedihan- segala macam dan segala waktunya, sampai pun sebuah duri yang masuk dalam anggota tubuhnya melainkan Allah menutupi kesalahan-kesalahannya dengan sebab apa-apa yang mengenainya- yakni sesuai musibah yang diperolehinya itu. (Muttafaq ’alaih)


Jadi janganlah bersedih jikalau mendapat musibah atau cobaan berupa apapun. Yakinlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan Allloh pada kita hanyalah untuk memuliakan kita.

Tersenyumlah dalam segala situasi dan kondisi,sesulit dan seburuk apapun itu.Nikmatilah...Syukurilah segala pemberian Allah pada kita dengan hati yang lapang dan ridha. Niscaya Allah akan menambah nikmatNya kepada kita. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk melakukan hal terbaik yang dapat kita lakukan dan upayakanlah dalam segala perbuatan yang kita lakukan adalah selalu dapat BERMANFAAT bagi KEBAIKAN SESAMA.

Kadang seseorang salah kaprah dalam memaknai tawakal, ia menganggap bahwa tawakal adalah legowo (menerima total) keadaan tanpa ada upaya perubahan, namun perlu diketahui bahwatawakal bukan berarti meninggalkan usaha

Keranjang Tembakau Temanggung Harga Paling Murah

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: JANGAN SEDIH SAAT ALLAH MEMBERIKAN KITA SAKIT
Ditulis oleh Fery dwi h
Tolong di share ke teman-teman ya,, artikel rating 5 dari 5.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tani-temanggung.blogspot.com/2014/06/jangan-sedih-saat-allah-memberikan-kita.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of DINAMIKA HIDUP.