AYAM CEMANI TEMANGGUNG

Posted by Fery dwi h 0 komentar
Kalau membicarakan tentang kota Temanggung kurang lengkap rasanya jika kita belum menyebut ayam cemani, ayam yang mempunyai bulu dan badan berwarna hitam ini memang merupakan ayam khas dari kota Temanggung. Ada sebagian orang yang menyebutnya sebagai ayam selasih atau ada juga yang menyebutnya dengan nama ayam Kedu.

Asal usul dari ayam cemani masih belum diketahui secara jelas, tapi ada beberapa mitos yang melegenda di masyarakat kedu yaitu konon, kehadiran satwa ini tak disengaja. Menurut legenda sebelum lahirnya kota Temanggung, hidup seorang pertapa yang sakti mandraguna yakni Ki Ageng Makukuhan. Beliau sangat senang memelihara ayam dan mengoleksi ayam yang memiliki warna hitam.

Suatu hari, ketika sedang bertapa di sebuah kuburan keramat di wilayah Kedu, dia memperoleh wangsit untuk mengobati penyakit putra Panembahan Hargo Pikukuh yang bernama Lintang Katon, yakni diobati dengan ayam cemani. Akhirnya penyakit yang diderita anak semata wayang itu sembuh. Oleh karena itu ayam cemani dianggap memiliki tuah dan akhirnya dijadikan lambang kesembuhan.

Tidak heran bila tradisi itu kini masih hidup dan dipercaya. Ayam ini memang sering digunakan untuk hal-hal yang bersifat magis. Misalnya untuk upacara ruwatan, pembangunan pabrik, jembatan atau gedung-gedung bertingkat agar terhindar dari bencana.

















Keranjang Tembakau Temanggung Harga Paling Murah

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: AYAM CEMANI TEMANGGUNG
Ditulis oleh Fery dwi h
Tolong di share ke teman-teman ya,, artikel rating 5 dari 5.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tani-temanggung.blogspot.com/2017/02/ayam-cemani-temanggung.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of DINAMIKA HIDUP.