LIBURAN BERNUANSA SWISS DI KLEDUNG TEMANGGUNG

Posted by Fery dwi h 0 komentar

Jauh diujung kota Temanggung di bagian barat kita memulai perjalanan dengan menyusuri jalan yang berkelok dan bergelombang, yang membuat kita kadang dibuat pusing oleh medan dan laju kendaraan yang tidak teratur, tanjakan yang tinggi turunan yang tajam dan lain sebagainya seolah sudah akrab menemani perjalanan kita. Belum lagi ditambah udara yang begitu dingin hingga menusuk sampai ke tulang-tulang. Tidak hanya itu, kadang juga kita menemui saat dimana cuaca sama sekali tidak bersahabat dengan kita, dimana jarak pandang kendaraan hanya berjarak 5 meter saja, dan kita harus membawa kendaraan kita dengan extra hati-hati agar selamat sampai tempat tujuan. Mungkin begitulah gambaran sebagian orang ketika pergi pergi dan melewati tempat ini. Suatu kecamatan yang bersebalahan dengan Kabupaten Wonosobo, siapapun pasti langsung menebak jika yang saya tulis ini bertemakan tentang kledung.

Jika kita berbicara tentang salah satu kecamatan di Kota Temanggung yang berada di sebelah Barat ini pasti teman-teman akan setuju jika kecamatan kledung ini memang mempunyai daya tarik dan memiliki sejuta keindahan yang patut kita bicarakan. Kultur budaya yang masih tertata apik, dan pesona alamnya yang memikat memanjakan siapa saja yang berlibur ke tempat ini. salah satu tempat yang bisa anda kunjungi di Kledung adalah Kledung pass,tempat ini memang diapit oleh dua pegunungan yaitu gunung sindoro dan gunung sumbing. Dan tentunya akan sangat exotis jika anda menimatinya bersama dengan orang terkasih anda.



Kledung pass memang dulunya hanya dimanfaatkan sebagai areal perkebunan teh dan tembakau saja oleh warga sekitar, tetapi kini dengan mulai banyaknya investor yang tertarik akan keindahan alam dan pemerintah mulai menyadari bahwa akan ada potensi bisnis besar di kledung ini, penggerakan akan pengembangan terus menerus dilakukan. Tempat yang menjadi jalur utama lintas temanggung - Wonosobo ini membuat orang yang bergerak dalam bidang kuliner utuk mencoba membuka warung makan sederhana bahkan kini sudah banyak rumah makan besar sekalipun yang dibangun di areal ini. Awalnya hanya ditujukan sebagai tempat peristirahatan bagi para pelancong, maklum kledung merupakakan pertengahan jalur Purwokerto - Jogja, atau Purwokerto - Semarang. Rumah makan yang didirikan di sekitar kledung ini tergolong cepat sekali berkembang karena rumah makan didirikan dengan backgroud/ view gunung sumbing - sindoro ini terasa begitu inda, dan dengan didukungnya kualitas udara yang sejuk kira-kira seperti itulah yang ditawarkan di tempat ini. Namun seiring berjalannya waktu kualitas kledung seperti membius para pelancong sehingga mereka lebih memilih untuk singgah sebentar di tempat ini dibandingkan dengan tempat-tempat lain. Menurut penuturan para pelancong ketika mereka singgah di tempat ini rasa lelah mereka dengan mudah terobati. Tidak hanya rumah makan hotel pun mulai berdiri di kawasan ini.

Jika teman-teman sedang melewati wilayah ini cobalah untuk melihat kanan kiri, sekali-kali berhenti juga boleh untuk mencoba berinteraksi dengan alam sekitar, menghirup segarnya udara disini, mencoba merasakan dinginnya air disini yang segar seperti habis dimasukan ke dalam kulkas dan kalau saya boleh bilang suasana di kledung seperti suasana yang ada di kawasan eropa tepatnya seperti di swiss yang terdapat banyak sekali gunung. Saya sendiri juga belum pernah ke Swiss tapi jika kita lihat dari video atau dari gambar tentang nuansa alam yang ditawarkan, pasti kita akan setuju jika kledung itu sebenarnya Swissnya Indonesia. Dari Kledung pass ini kita bisa melihat gunung dengan sangat dekat dan sangat apik, apalagi jika cuaca sedang cerah pastilah anda akan merasa nyaman dan merasa sangat dimanjakan oleh alam dengan pemandangan alam yang disajikan disini mulai dari hamparan pegunungan hingga hamparan kebun teh yang membentang luas berwarna hijau disertai kabut- kabut tipis yang menambahkan kesan sejuk.



Bagi anda penggemar makanan yang terbuat dari ayam, Ayam kosek adalah salah satu tempat kuliner di kledung pass yang banyak diminati oleh pengunjung, Lokasinya sendiri berada di kanan jalan didepan gapura desa kledung. Dan rasakan olahan sambal kosek yang berbeda yang menurut penuturan yang punya warung makan sambal itu sudah diturunkan secara turun temurun dari nenek sang pemilik rumah makan ini. Para pengunjung akan betah berlama-lama disini karena hawa yang sejuk di kawasan semu out door yang membuat pikiran menjadi santai dan fresh. Di sebelahnya juga terdapat area outdorr untuk minum kopi, tersedia kopi luwak dan olahan kopi yang lain disertai tempe kemul yang hangat di temani pamandangan yang indah. Bahkan tak jarang para pelajar atau pengendara yang sengaja datang tempat ini hanya untuk mampir ngopi dan melepas kepenatan saja, apalagi yang mulai suntuk dengan kesibukan dan rutinitas sehari- hari yang kadang membuat diri kita merasa strees.


Selain rumah makan ayam kosek disini juga tersedia rumah makan yang lain, pokoknya soal masalah rumah makan anda tidak usah khawatir karena disini sudah banyak rumah makan yang didirikan dan di desain berdasarkan ciri khas yang berbeda-beda, tetapi masih mempunyai satu garis besar yang sama, yaitu bacground gunung sindoro dan sumbing. Bagi anda yang suka dengan rumah makan yang bergaya elit tidak ada salahnya untuk mampir ke rumah makan djoglo, konon katanya rumah makan ini rumah makan yang legendaris, karena tempat ini sudah terkenal dimana - mana bahkan sampai kalangan artis dan pejabat. Yang menjadi pertimbangan adalah selain makannnya yang enak juga tak lain tak bukan karena pemandangan yang sangat apik, kata artis- artis sih seperti sedang berada di Swiss, bagaimana tidak dari dalam rumah kaca kita bisa melihat gunung yang begitu dekat dan memanjakan mata. Hanya sekedar info saja tetapi untuk harga makanan di daerah kledung pass memang agak sedikit lebih mahal di bandingkan harga makanan yang dijual di kota.


Kabarnya pemerintah kota Wonosobo dan Temanggung belakangan ini mulai bekerja sama untuk bisa memaksimalkan potensi wisata yang ada di daerah kledung ini agar lebih bisa lagi menarik minat para investor. Boleh dikatakan kledung itu seperti pedang yang belum diasah, kledung mempunyai potensi yang tinggi tetapi belum banyak orang yang mengetahuinya, coba teman-teman bayangkan tawang mangu bagi yang sudah pernah kesana, menurut saya lebih bagus kledung jika saja kledung dikelola seperti layaknya wisata di tawangmangu.

Kini di kledung juga mulai dibuat semacam danau buatan di sekitar gunung dan juga sudah mulainya dibuat wisata kebun strawberry serta perawatan areal kebun teh dan tambi. Dengan penataan tempat wisata yang apik disertai munculnya rumah makan dan hotel- hotel diharapkan akan banyak pengunjung yang datang. Tak heran jika suatu saat kledung akan menjadi puncaknya Jawa Tengah. Bukan hanya itu kledung bisa menjadi Swissnya pulau jawa.

LUMPANG GADING PENINGGALAN BERSEJARAH YANG TERLUPAKAN

Keranjang Tembakau Temanggung Harga Paling Murah

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: LIBURAN BERNUANSA SWISS DI KLEDUNG TEMANGGUNG
Ditulis oleh Fery dwi h
Tolong di share ke teman-teman ya,, artikel rating 5 dari 5.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tani-temanggung.blogspot.com/2014/07/liburan-bernuansa-swiss-di-kledung.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of DINAMIKA HIDUP.